Minggu, 21 April 2019

PERENCANAAN PENDIDIKAN

0 komentar

     Pengertian Perencanaan Pendidikan
Perencanaan adalah menyeleksi dan menghubungkan pengetahuan, fakta-fakta, imajinasi-imajinasi, dan asumsi-asumsi untuk masa yang akan dating untuk tujuan memvisualisasi dan memformulasi hasil yang diinginkan, urutan kegiatan yang diperlukan, dan perilaku dalam batas-batas yang dapat diterima yang akan digunakan dalam penyelasaian.  Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat di masa yang akan datang. 
Udin syaefudin sa’ud dan Abin syamsudin makmun dalam (Matin, 2013) perencanaan pendidikan adalah suaatu proses intelektual yang berkesinambungan dalam menganalisis, merumuskan, dan menimbang serta memutuskan dengan keputusan yang diambil harus mempunyai konsistensi (taat asas) internal dan berhubungan secara sistematis dengan keputusan-keputusan lain, baik dalam bidang-bidang itu sendiri maupun dalam bidang-bidang lain dalam pembangunan, dan tidak ada batas waktu untuk satu jeis kegiatan, serta tidak harus selalu satu kegiatan medahului dan didahului oleh kegiatan lain.
     Tujuan Perencanaan Pendidikan
Adapula tujuan perencanaan pendidikan menurut Djumberansyah dalam (Matin, 2013) adalah untuk:
1. Menyusun kebijaksanaan dan menggriskan strategi pendidikan yang sesuai dengan kebijakan pemerintah (menyusun alternative dan prioritas kegiatan) yang menjadi dasar pelaksanaan pendidikan pada masa yang akan datang dalam upaya pencapaian sasaran pembangunan pendidikan.
2.    Menginventarisasikan biaya pendidikan seefisien mungkin.
     C.E Beeby dalam (Matin, 2013) menggariskan tujuan perencanaan pendidikan adalah untuk mengembangkan sistem pendidikan suatu Negara dan peserta didik.

0 komentar:

Posting Komentar