Minggu, 21 April 2019

PERAN PEMIMPIN, PERNYATAAN VISI, MISI, DAN TUJUAN PENDIDIKAN

0 komentar

       Peran Pemimpin, Pernyataan Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga Pendidikan
1.    Pengertian pemimpin
Kepemimpinan itu merupakan fenomena interaksi sosial yang kompleks,dan sering kali sulit dibaca.  Karena itu, sebelum berdiskusi lebih jauh tentang pemimpin dan kepemimpinan, berilkut ini disajikan beberapa difinisi D.E.Mcfarland dalam (Sudarwan denim, 2012) mengemukakan bahwa kepemimpinan adalah suatu proses dimana pimpinan dilukiskan akan memberikan perintah atau pengaruh, bimbingan atau proses mempengeruhi pekerjaan orang lain dalam memilih dan  mencapai tujuan yang diinginkan.
2.    Peran pemimpin
Peran pemimpin dalam suatu organisasi tidak dapat dibantah merupakan sesuatu peran yang sangat penting bagi keberadaan dan kemajuan organisasi yang bersangkutan, berikut peran pemimpin:
a.    Memberikan kerangka pokok yang jelas yang dapat dijadikan pegangan oleh anggotanya.
b.    Mengawasi, mengendalikan dan menyalurkan perilaku anggota yang dipimpin
c.     Bertindak sebagai wakil kelompok dalam berhubungan dengan dunia luar
Pada dasarnya peran kepemimpinan memiliki 2 aspek yaitu :
a.    Peran administrasi, yakni mengadakan formulasi kebijaksanaan administrasi dan menyediakan fasilitasnya.
b.  Peran sebagai Top Manajemen, yakni mengadakan planning, organizing, staffing, directing, commanding, controlling.
Peran kepemimpinan itu pada pokoknya adalah menjalankan wewenang kepemimpinan, yaitu menyediakan suatu sistem komunikasi, memelihara kesediaan bekerja sama dan menjamin kelancaran serta keutuhan organisasi atau perusahaan.
3.    Visi, misi dan tujuan lembaga pendidikan
Visi adalah gambaran dan harapan masa depan yang diimpikan atau diinginkan lembaga agar tetap eksis, berkembang, dan terjaga kelangsungannya (sustainability).  Visi pendidikan dibagi menjadi dua macam, yaitu: visi makro pendidikan dan visi mikro pendidikan, yang masing-masingnya memiliki tujuan tersendiri. Adapun tujuannya yaitu sebagai berikut :
a.    Tujuan visi makro pendidikan nasional adalah terwujudnya masyarakat madani sebagai bangsa dan masyarakat Indonesia baru dengan tatanan kehidupan yang sesuai dengan amanat proklamasi Negara kesatuan Republik Indonesia melalui proses pendidikan. Masyarakat indosesia baru memiliki sikap dan wawasan keimanan dan akhlak tinggi, kemerdekaan dan demokrasi, toleransi dan menjunjung hak asasi manusia, serta berpengertian dan berwawasan global.
b.    Tujuan visi mikro pendidikan nasional adalah terwujudnya individu manusia baru yang memiliki sikap dan wawasan keimanan dan akhlak tinggi, kemerdekaan dan demokrasi, toleransi dan menjunjung hak asasi manusia, saling berpengertian dan berwawasan global.
Pendidikan nasional mempunyai visi terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memperdayakan semua warga Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan pro aktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.
Misi juga bisa di artikan pekerjaan apa yang harus kita lakukan terlebih dahulu untuk mencapai visi serta akan berusaha dengan berbagai cara untuk mencapainya. Misi berfungsi sebagai penjelas atau penerang mengapa sekolah itu ada, apa yang hendak dilakukan sekolah itu, dan bagaimana melakukannya. Tujuan lembaga pendidikan menjamin terciptanya intergrasi, sinkronasi dan sinergi baik antar pelaku sekolah, antar sekolah dan dinas pendidikan kabupaten/kota, dan antarwaktu dan menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan.

0 komentar:

Posting Komentar